Translate

Rabu, 15 Mei 2013

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1434 H


Ramadhan 1434 Hijriah 2013 
 Sebentar lagi masuk bulan suci ramadhan SUBHANALLAH MAHA SUCI ALLAH semoga kita bisa menjalankan hingga di hari fitrah nanti.mari persiapkan dan sucikan jiwa raga batin untuk menyongsong bulan penuh hikmah dan ampunan, berikut artikel mengenai persiapan bulan suci ramadhan semoga bisa membuat kita lebih siap dan menata hati untuk melaksanakan puasa dibulan suci ramadhan tahun ini amin..  
kami selaku admin Forum Remaja blogs mohon maaf lahir dan batin buat sohabat pengunjung blogs bersama ini.Jazakumulloh atas partisipasi sohabat semua untuk kemajuan blogs bersama ini, SEMOGA ALLAH MEMBUKA HATI KITA SEMUA BISA MENJALANKAN SEMUA PERINTAH-NYA.amin 
Segala puji bagi Allah yang menjadikan bulan Ramadhan lebih baikdari pada bulan-bulan lainnya dengan menurunkan al-Qur`an danmewajibkan puasa bagi kaum muslimin sebagai salah satu pondasi Islam.shalawat dan salam tercurah kepada Nabi Muhammad yang telahmenyampaikan kepada kita tentang ibadah-ibadah dibulan Ramadhan danmemberikan contoh kepada kita bagaimana sebaiknya menghidupkanbulan bulan yang penuh berkah ini.
Dari Abu Hurairah , ia berkata, Rasulullah memberi kabargembira kepada para sahabatnya dengan bersabda:"Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allahmewajibkan kepadamu puasa di dalamnya; pada bulan ini pintu-pintu surgadibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapatdalam bulan ini malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa yangtidak memperoleh kebaikannya, maka ia tidak memperoleh apa-apa." HR.Ahmad dan an-Nasa`i.Berikut ini adalah amalan-amalan yang dianjurkan di bulanRamadhan: 
1. Puasa: Allah memerintahkan berpuasa di bulan Ramadhansebagai salah satu rukun Islam.Firman Allah :Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasasebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamubertaqwa. (QS. Al-Baqarah:183)Rasulullah bersabda:"Islam didirikan di atas lima perkara, yaitu bersaksi bahwa tidak Ilah yangberhak disembah selain Allah dan Muhammad r adalah rasul Allah ,mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan, dan pergi ke BaitulHaram." Muttafaqun 'alaih.Puasa di bulan merupakan penghapus dosa-dosa yang terdahuluapabila dilaksanakan dengan ikhlas berdasarkan iman dan hanyamengharapkan pahala dari Allah , sebagaimana Rasulullah bersabda:"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharappahala dari Allah , niscaya diampuni dosa-dosanya telah lalu." Muttafaqun'alaih. 
2. Membaca al-Qur`an: Membaca al-Qur`an sangat dianjurkan bagisetiap muslim di setiap waktu dan kesempatan. Rasulullah bersabda:"Bacalah al-Qur`an, sesungguhnya ia datang pada hari kiamat sebagaipemberi syafaat bagi ahlinya (yaitu, orang yang membaca, mempelajari danmengamalkannya). HR. Muslim.Dan membaca al-Qur`an lebih dianjurkan lagi pada bulan Ramadhan,karena pada bulan itulah diturunkan al-Qur`an. Firman Allah :(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusiadan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yanghak dan yang bathil). (QS: al-Baqarah:185)Rasulullah selalu memperbanyak membaca al-Qur`an di hari-hariRamadhan, seperti diceritakan dalam hadits 'Aisyah radhiyallahu 'anha, iaberkata:"Saya tidak pernah mengetahui Rasulullah membaca al-Qur`an semuanya,sembahyang sepanjang malam, dan puasa sebulan penuh selain di bulanRamadhan." HR. Ahmad.Dalam hadits Ibnu Abbas t yang diriwayatkan al-Bukhari,disebutkan bahwa Rasulullah melakukan tadarus al-Qur`an bersamaJibril u di setiap bulan Ramadhan. 
3. Menghidupkan malam-malam bulan Ramadhan dengan shalatTarawih berjamaah: Shalat Tarawih disyari'atkan berdasarkanhadits 'Aisyar radhiyallahu 'anha, ia berkata:"SesungguhnyaRasulullah keluar pada waktu tengah malam, lalu beliau shalat dimasjid, dan shalatlah beberapa orang bersama beliau. Di pagi hari,orang-orang memperbincangkannya. Ketika Nabi I mengerjakanshalat (di malam kedua), banyaklah orang yang shalat di belakangbeliau. Di pagi hari berikutnya, orang-orang kembalimemperbincangkannya. Di malam yang ketiga, jumlah jamaah yangdi dalam masjid bertambah banyak, lalu Rasulullah keluar danmelaksanakan shalatnya. Pada malam keempat, masjid tidakmampu lagi menampung jamaah, sehingga Rasulullah hanyakeluar untuk melaksanakan shalat Subuh. Tatkala selesai shalatSubuh, beliau menghadap kepada jamaah kaum muslimin,kemudian membaca syahadat dan bersabda, 'Sesungguhnyakedudukan kalian tidaklah samar bagiku, aku merasa khawatiribadah ini diwajibkan kepada kalian, lalu kalian tidak sanggupmelaksanakannya." Rasulullah wafat dan kondisinya tetap sepertiini. (HR. al-Bukhari dan Muslim).Setelah Rasulullah wafat, syariat telah mantap, hilanglah segalakekhawatiran. Disyari'atkan shalat Tarawih berjamaah tetap adakarena telah hilang 'illat (sebabnya), kerena 'illat itu berputarbersama ma'lul, ada dan tiadanya. Di samping itu, Khalifah Umar ttelah menghidupkan kembali syari'at shalat Tarawih secaraberjamaah dan hal itu disepakati oleh semua sahabat Rasulullah rpada masa itu. Wallahu A'lam. 
4. Menghidupkan malam-malam Lailatul Qadar: lailatul qadar adalahmalam yang lebih baik dari pada seribu bulan yang tidak ada lailatulqadar dan pendapat paling kuat bahwa ia terjadi di sepuluh hariterakhir bulan Ramadhan, terlebih lagi pada malam-malam ganjil,yaitu malam 21, 23,25,27, dan 29. Firman Allah :Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. (QS.al-Qadar :3)Malam itu adalah pelebur dosa-dosa di masa lalu, Rasulullah bersabda:"Dan barangsiapa yang beribadah pada malam 'Lailatul qadar' semata-matakarena iman dan mengharapkan pahala dari Allah , niscaya diampunidosa-dosanya yang terdahulu." HR. al-Bukhari.Menghidupkan Lailatul qadar adalah dengan memperbanyak shalatmalam, membaca al-Qur`an, zikir, berdo'a, membaca shalawat. Aisyahradhiyallahu 'anha pernah berkata, 'Aku bertanya, 'Wahai Rasulullah, jikaaku mendapatkan lailatul qadar, maka apa yang aku ucapkan? Beliaumenjawab, 'Bacalah:Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, Yang suka mengampuni,ampunilah aku." 
5. I'tikaf di malam-malam Lailatul Qadar: I'tikaf dalam bahasa adalahberdiam diri atau menahan diri pada suatu tempat, tanpamemisahkan diri. Sedang dalam istilah syar'i, i'tikaf berarti berdiamdi masjid untuk beribadah kepada Allah dengan cara tertentusebagaimana telah diatur oleh syari'at.I'tikaf merupakan salah satu sunnah yang tidak pernah ditinggaloleh Rasulullah r, seperti yang diceritakan oleh Aisyah radhiyallahu'anha:"Sesungguhnya Nabi r selalu i'tikaf pada sepuluh hari terakhir daribulan Ramadhan sampai meninggal dunia, kemudian istri-istri beliauberi'tikaf sesudah beliau." Muttafaqun 'alaih. 
6. Memperbanyak sedekah: Rasulullah adalah orang yang palingpemurah, dan beliau r lebih pemurah lagi di bulan Ramadhan. Halini berdasarkan riwayat Ibnu Abbas t, ia berkata:..."Rasulullah adalah manusia yang paling pemurah, dan beliau lebihpemurah lagi di bulan saat Jibril u menemui beliau, …HR. al-Bukhari. 
7. Melaksanakan ibadah umrah: salah satu ibadah yang sangatdianjurkan di bulan Ramadhan adalah melaksanakan ibadah umrahdan Rasulullah menjelaskan bahwa nilai pahalanya sama denganmelaksanakan ibadah haji, seperti dalam hadits yang berbunyi:"Umrah di bulan Ramadhan sama dengan ibadah haji."Demikianlah beberapa ibadah penting yang sangat dianjurkan untukdilaksanakan di bulan Ramadhan dan telah dicontohkan oleh Rasulullah.Semoga kita termasuk di antara orang-orang yang mendapat taufik dariAllah untuk mengamalkannya agar kita mendapatkan kebaikan dankeberkahan bulan Ramadhan. AMIN YA RABBAL ALAMIN.NASEHAT-NASEHAT DI BULAN RAMADHANDari Sahl RA dari Nabi SAW beliau bersabda, “Sesungguhnya di dalam surga terdapat pintu yang disebut Rayyan, yangmana besok pada hari qiyamat orang-orang yang berpuasa masuk dari pintu itu. Dan tidak ada seorangpun yang masuk dari pintu itu selain mereka. Dikatakan, ”Dimanakah orang-orang yang berpuasa ?”. Maka mereka berdiri, tidak ada seorangpun selain mereka yang masuk darinya. Apabila mereka sudah masuk, maka pintu itu ditutup sehingga tidak ada seorangpun yang masuk darinya”. [HR. Bukhari 2 : 226] 
Dari Abu Hurairah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda : Allah berfirman, ”Setiap amal anak Adam itu untuknya kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Aku akan membalasnya. Puasa itu perisai. Apabila salah seorang diantara kalian berpuasa pada suatu hari, maka janganlah berkata keji dan jangan berteriak-teriak. Jika ada seseorang yang mencaci makinya atau menyerangnya maka hendaklah ia mengatakan, ”Sesungguhnya saya sedang berpuasa”. Demi Dzat yang jiwa Muhammad di tangan-Nya, sungguh bau mulutnya orang yang berpuasa itu di sisi Allah lebih harum dari pada bau kasturi. Bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan yang dirasakannya, yaitu apabila ia berbuka, bergembira karena bukanya, dan apabila ia bertemu dengan Tuhannya, bergembira karena puasanya”. [HR. Bukhari 2 : 228]Diriwayatkan Oleh Ibnu Huzaimah, Rasulullah memberikan nasihatmenjelang Ramadhan :“Wahai manusia! Sungguh telah datang pada kalian bulan Allah denganmembawa berkah rahmat dan maghfirah. Bulan yang paling mulia disisiAllah. Hari-harinya adalah hari-hari yang paling utama. Malam-malamnyaadalah malam-malam yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam-jamyang paling utama.Inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tamu Allah dan dimuliakanoleh-NYA. Di bulan ini nafas-nafasmu menjadi tasbih, tidurmu ibadah,amal-amalmu diterima dan doa-doamu diijabah. Bermohonlah kepada AllahRabbmu dengan niat yang tulus dan hati yang suci agar Allahmembimbingmuuntuk melakukan shiyam dan membaca Kitab-Nya. 
Celakalah orang yang tidak mendapat ampunan Allah di bulan yang agungini. Kenanglah dengan rasa lapar dan hausmu di hari kiamat.Bersedekahlah kepada kaum fuqara dan masakin. Muliakanlah orangtuamu,sayangilah yang muda, sambungkanlah tali persaudaraanmu, jagalidahmu,tahan pandanganmu dari apa yang tidak halal kamu memandangnya danpendengaranmu dari apa yang tidak halal kamu mendengarnya. Kasihilahanak-anak yatim, niscaya dikasihi manusia anak-anak yatimmu.Bertaubatlah kepada Allah dari dosa-dosamu. Angkatlah tangan-tanganmuuntuk berdoa pada waktu shalatmu karena itulah saat-saat yang palingutama ketika Allah Azza wa Jalla memandang hamba-hamba- Nya denganpenuhkasih; Dia menjawab mereka ketika mereka menyeru-Nya, menyambutmerekaketika mereka memanggil-Nya dan mengabulkan doa mereka ketika merekaberdoa kepada-Nya.Wahai manusia! Sesungguhnya diri-dirimu tergadai karena amal-amalmu,maka bebaskanlah dengan istighfar. Punggung-punggungmu berat karenabeban (dosa) mu, maka ringankanlah dengan memperpanjang sujudmu. 
Ketahuilah! Allah ta’ala bersumpah dengan segala kebesaran-Nya bahwaDia tidak akan mengazab orang-orang yang shalat dan sujud, dan tidakakan mengancam mereka dengan neraka pada hari manusia berdiri dihadapanRabb al-alamin.Wahai manusia! Barang siapa di antaramu memberi buka kepada orang-orangmukmin yang berpuasa di bulan ini, maka di sisi Allah nilainya samadengan membebaskan seorang budak dan dia diberi ampunan atas dosa-dosayang lalu. (Sahabat-sahabat lain bertanya: “Ya Rasulullah! Tidaklahkami semua mampu berbuat demikian.” 
Rasulullah meneruskan: “Jagalah dirimu dari api neraka walaupunhanya dengan sebiji kurma. Jagalah dirimu dari api neraka walaupunhanya dengan seteguk air.”Wahai manusia! Siapa yang membaguskan akhlaknya di bulan ini ia akanberhasil melewati sirathol mustaqim pada hari ketika kai-kakitergelincir. Siapa yang meringankan pekerjaan orang-orang yangdimilikitangan kanannya (pegawai atau pembantu) di bulan ini, Allah akanmeringankan pemeriksaan- Nya di hari kiamat. Barangsiapa menahankejelekannya di bulan ini, Allah akan menahan murka-Nya pada hari iaberjumpa dengan-Nya. Barang siapa memuliakan anak yatim di bulan ini,Allah akan memuliakanya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa menyambungkan tali persaudaraan (silaturahmi) di bulan ini, Allahakan menghubungkan dia dengan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya.Barang siapa memutuskan kekeluargaan di bulan ini, Allah akanmemutuskan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa melakukanshalat sunat di bulan ini, Allah akan menuliskan baginya kebebasandari api neraka. Barangsiapa melakukan shalat fardu baginya ganjaranseperti melakukan 70 shalat fardu di bulan lain. Barangsiapa memperbanyakshalawat kepadaku di bulan ini, Allah akan memberatkan timbangannyapada hari ketika timbangan meringan. Barangsiapa di bulan ini membaca satuayat Al-Quran, ganjarannya sama seperti mengkhatam Al-Quran padabulan-bulan yang lain.Wahai manusia! Sesungguhnya pintu-pintu surga dibukakan bagimu, makamintalah kepada Tuhanmu agar tidak pernah menutupkannya bagimu.Pintu-pintu neraka tertutup, maka mohonlah kepada Rabbmu untuk tidakakan pernah dibukakan bagimu. Setan-setan terbelenggu, maka mintalahagar ia tak lagi pernah menguasaimu. Amirul mukminin k.w. berkata:“Aku berdiri dan berkata: “Ya Rasulullah! Apa amal yang palingutama di bulan ini?” Jawab Nabi: “Ya Abal Hasan! Amal yangpaling utama di bulan ini adalah menjaga diri dari apa yangdiharamkan Allah”.Wahai manusia! sesungguhnya kamu akan dinaungi oleh bulan yangsenantiasa besar lagi penuh keberkahan, yaitu bulan yang di dalamnyaada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan; bulan yang Allah telahmenjadikan puasanya suatu fardhu, dan qiyam di malam harinya suatutathawwu’.”“Barangsiapa mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu pekerjaankebajikan di dalamnya, samalah dia dengan orang yang menunaikan suatufardhu di dalam bulan yang lain.”“Ramadhan itu adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu adalahpahalanya surga. Ramadhan itu adalah bulan memberi pertolongan (syahrulmuwasah ) dan bulan Allah memberikan rizqi kepada mukmin didalamnya.”“Barangsiapa memberikan makanan berbuka seseorang yang berpuasa,adalah yang demikian itu merupakan pengampunan bagi dosanya dankemerdekaan dirinya dari neraka. Orang yang memberikan makanan itumemperoleh pahala seperti orang yang berpuasa tanpa sedikitpunberkurang.”Para sahabat berkata, “Ya Rasulullah, tidaklah semua kami memilikimakanan berbuka puasa untuk orang lain yang berpuasa. Makabersabdalah Rasulullah saw, “Allah memberikan pahala kepada orang yang memberisebutir kurma, atau seteguk air, atau sehirup susu.”“Dialah bulan yang permulaannya rahmat, pertengahannya ampunan danakhirnya pembebasan dari neraka. Barangsiapa meringankan beban daribudak sahaya (termasuk di sini para pembantu rumah) niscaya Allahmengampuni dosanya dan memerdekakannya dari neraka.”“Oleh karena itu banyakkanlah yang empat perkara di bulan Ramadhan;dua perkara untuk mendatangkan keridhaan Tuhanmu, dan dua perkaralagi kamu sangat menghajatinya. ““Dua perkara yang pertama ialah mengakui dengan sesungguhnya bahwatidak ada Tuhan selain Allah dan mohon ampun kepada-Nya . Dua perkarayang kamu sangat memerlukannya ialah mohon surga dan perlindungan dari neraka.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar